Selamat Datang Bagi Para Pecinta, yang Bersedia Menumbuh-Suburkan Cinta Demi Kedamaian di Dunia Ini!

Kamis, Desember 10, 2009

Koin Keadilan



Logam bulat itu berceceran di laci Leli, karyawan bank di Menteng, Jakarta Pusat. Takjauh dari meja Leli, logam putih dan kuning berkumpul dalam wadah plastik di meja Joko. Mereka harus berbagi dengan penjepit kertas. Sekitar lima meja dari keduanya, kumpulan koin berada dalam kehangatan celengan jago milik Prio. Koin-koin ini termasuk beruntung, karena berada dalam ruangan sejuk, dengan aroma wangi semerbak.


Di luar gedung itu, dua buah koin berdesakan dalam saku celana pengguna angkot kopaja. Sementara lima koin senilai Rp 500 berontak dalam saku tas seorang perempuan muda yang hendak keluar angkutan kota. Tidak berselang lama, beberapa koin menjerit kala dijatuhkan ke kantong plastik penyanyi jalanan. Koin-koin itu harus naik turun angkot dan kepanasan. Kadang si pembawa kantong taksegan melempar mereka ke tanah.


Keberadaan benda bundar itu pun kadang dikebiri oleh sebagian pusat perbelanjaan. Dengan dalih menambah keuntungan, uang recehan pun diganti dengan permen. Takbeda jauh dengan swalayan, awak kenek pun seringkali enggan menerima recehan. Raut muka mereka langsung berubah masam kala mendapati penumpang membayar dengan uang logam.


Begitulah nasib uang logam. Diremehkan, dikebiri, diremehkan, dan tidak dihargai. Sebuah gambaran yang takjauh beda dengan rakyat di negeri ini. Suara mereka tidak terdengar, hilang tersapu kabut markus, mafia peradilan, pejabat korup, birokrasi makelar, dan wakil rakyat yang tidak bersuara atas nama rakyat.


Melalui koin, rakyat kini bersuara lantang melakukan perlawanan. Rakyat berusaha melawan tirani kekuasaan yang hanya memberi ruang keadilan bagi segelintir kalangan. Mereka bersatu dalam gerakan Koin Peduli Prita. Dengan adanya gerakan ini, koin yang tadinya berceceran, kini mendadak dikumpulkan. Belum keadilan itu bergema di ruang pengadilan, koin-koin itu kini telah menghirup keadilan. Uang logam itu dicari dan menjadi bernilai, sama dengan saudara mereka, si uang kertas. Ayo dukung Koin Peduli Prita. Info lebih lengkap hubungi: Jl. Taman Margasatwa No.60 Jatipadang, Jakarta Selatan, telp (021) 7800271.


Untuk Bandung, bisa datang ke Tobucil & Klabs, Jl. Aceh No. 56 Bandung.


Salam 'Koin Keadilan'

Susan Sutardjo


(dari sebuah milis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untaian kata darimu selalu kunantikan.